La Liga's second-tier club play-off berth in jeopardy following coronavirus outbreak
Olahraga Sepak bola

Playoff Liga Spanyol Kasta ke-2 Terancam Karena Wabah Virus Corona

Awal pekan ini, La Liga Segunda telah meminta pertandingan final yang sebelumnya ditunda dari klub Spanyol Fuenlabrada melawan Deportivo La Coruña untuk ditangguhkan secara permanen setelah beberapa pemain dinyatakan positif terkena virus corona. Permainan ini awalnya ditunda setelah pecahnya kasus Covid-19 di Fuenlabrada, yang bertujuan untuk mengamankan tempat promosi melalui babak playoff.

Dalam waktu, mereka memiliki 28 orang yang dinyatakan positif di antara para pemain dan staf klub. Fuenlabrada hanya membutuhkan hasil imbang melawan Deportivo yang sudah terdegradasi untuk lolos ke babak play-off. Dari 12 kasus terbaru, delapan berasal dari tim utama dan staf kepelatihan yang saat ini terisolasi di A Coruna, sementara empat adalah kasus baru ditemukan di Madrid di mana klub tersebut berada.

Anda bisa cek berita terbaru kami tentang Liga Primer Inggris yang mengakhiri musim terpanjang dalam sejarah, hanya disini.

Klub menambahkan bahwa ada satu pemain yang dirawat di rumah sakit minggu lalu dalam kondisi stabil dengan “gejala tidak serius”. La Liga mengatakan bahwa karena tidak ada tanggal alternatif yang tersedia untuk memainkan pertandingan tersebut, mereka tidak punya pilihan selain memohon pembatalan permainan permanen, keputusan Fuenlabrada diklarifikasi melalui pernyataan.

“Kami memahami bahwa La Liga bukan satu-satunya badan yang kompeten untuk membuat keputusan ini. Keputusan itu juga ada di tangan Komite Persaingan RFEF [Spanyol FA] dan, jika sesuai, Dewan Olahraga Spanyol (CSD), ”kata klub itu dalam sebuah pernyataan. Komisi yang membuat keputusan terdiri dari tiga orang, dengan satu dari La Liga, satu dari FA Spanyol dan anggota netral.

“Faktanya bahwa dalam pernyataan sebelumnya kami mengumumkan bahwa kami akan mematuhi keputusan itu tidak berarti bahwa itu tidak boleh diambil oleh semua badan yang kompeten dan berdasarkan pada laporan objektif. FC Fuenlabrada tidak menganggap dirinya keluar dari playoff dan menunggu resolusi badan kompeten lainnya, “pernyataan itu menambahkan.

Klub itu juga mengatakan bahwa “tidak menutup kemungkinan bahwa keputusannya mungkin untuk menunda pertandingan yang terjadi pada minggu pertama Agustus.” LaLiga menanggapi dengan menyatakan “penghargaan absolut” untuk “pengorbanan besar” Fuenlabrada dan presiden liga, Javier Tebas, secara terbuka mengambil tanggung jawab atas situasi yang canggung, tweeting: ” FOOTBALL OWES YOU ONE

Elche, yang berada satu poin di atas Fuenlabrada, menempati tempat play-off terakhir. Sementara itu, para pemimpin tabel divisi dua Huesca dan Cadiz memenangkan promosi otomatis ke La Liga, dan akan bermain di liga kasta pertama musim depan. Sementara itu, Deportivo mengatakan mereka akan mengambil tindakan hukum setelah apa yang mereka yakini sebagai “pemalsuan” kompetisi.

Awal bulan ini, Real Madrid dinobatkan sebagai juara La Liga untuk pertama kalinya sejak 2017 dengan kemenangan atas Villarreal. Tim yang dilatih oleh sanga legenda yakni Zinedine Zidane hanya mengamankan gelar liga domestik ketiga klub dekade ini dan yang pertama sejak kepergian Cristiano Ronaldo. Karim Benzema, yang mencetak kedua gol untuk memudahkan Los Blancos meraih kemenangan 2-1, dipuji sebagai Pemain terbaik La Liga Musim Ini.